Jfx-Jenderal Forex lagi Belajar trading online Forex, stock, index, saham, commodity futures berdasarkan analisa Teknikal indikator dan Fundamental dan juga trading binary Modifikasi Pengaman Speaker atau speaker protector, order kit pengaman speaker sani hasan atau hasan
jfx-fb-ib

2014-02-01

Modif Pengaman Speaker

Modif Pengaman Speaker

Karena memang saya Hobi sama Elektronika dan seneng dengan suara Audio yang enak ditelinga, dan Pengaman speaker / speaker protector yang beredar dipasaran kebanyakan tidak bisa mengamankan transistor final bila terjadi konselet di jalur speaker, itu berdasarkan pengalaman saya sendiri selama bergelut di rental sound sistem. 

Maka dengan adanya postingan artikel Modif Pengaman Speaker ini saya akan berbagi, dengan detail di bawah ini.


Penambahan overload dan short circuit protection
Kit speaker protector yang ada di pasaran saat ini belum mampu mengamankan amplifier dari kerusakan. Pengaman speaker pasaran benar-benar jujur berfungsi untuk mengamankan speaker dari arus dc dan sinyal transien pada saat power dihidupkan, bunyi "duk" diputus. Cara kerjanya adalah sirkuit akan memutus speaker setelah amplifier terbakar dengan mengeluarkan arus dc tinggi. Jadi, setelah amplifier terbakar, speaker bisa diamankan. Ingin bukti? Silakan nyalakan power dengan audio tinggi dan konsletkan kabel speaker! Pada amplifer rakitan relay dari pengaman speaker tidak akan memutus.

Kelengkapan speaker yang ada di pasaran:
1. proteksi dc
2. turn delay on dengan tanda lampu plif-plof

skema pengaman power
 Kelengkapan pengaman speaker yang akan kita tambah:
3. proteksi over load dan short circuit, ini mencakup pengaman amplifier

Dengan penambahan komponen ini diharapkan bisa mengamankan amplifier
di samping mengamankan speaker.


Layout speaker protector


Pembuktian rangkaian bekerja dengan baik:
  1. Kita gunakan trafo dengan suply arus sebesar-besarnya, minimal 15A murni! Supaya aman, power suply kita pasang di 12vct.
  2. Nyalakan sumber sinyal audio sehingga output power mengeluarkan tenaganya!
  3. Silakan short circuit/hubung singkat output power dengan ground! Relay harus aktif memutus jalur speaker, kalau ini terjadi berarti rangkaian bekerja baik.
  4. Naikkan tegangan trafo di 18~45vct secara bertahap! Lakukan langkah no.3 (Perhatian: dimanapun dan kapanpun resiko tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan power transistor, dll ditanggung pelaku masing-masing, jadi jangan menyalahkan saya!!!) Kalau relay aktif tanpa merusak power transistor, berarti rangkaian sudah bekerja baik, dan diharapkan amplifier bisa lebih panjang umur.

Kekurangan dari pengaman ini adalah:
  1. Tidak bisa mengamankan speaker yang jauh di bawah daya power amplifier. Misal amplifier untuk speaker 18" dipasangkan dengan speaker 8", audio fullpower. Amplifier manapun tidak bisa mengamankan speaker ini, kecerdasan buatan kita belum mudah diterapkan di sini, jadi kita sendiri yang harus memahami!
  2. Kit speaker protector tidak bisa mengamankan dari sebab lain, misal speaker kehujanan :-)

Berikut ini contoh kit pengaman speaker yang dilengkapi dengan overload dan short circuit
protection dengan pcb baru:

kit speaker protektor




Sumber : http://elektronikakreatif.blogspot.com/2014/01/modif-speaker-protector.html


dengan postingan tersebut akhirnya saya coba order/beli dengan harga Rp.xxx dengan ongkir : Rp.xxx ke tempat saya, saya melakukan order dan melakukan transfer pada tanggal "27/01/2014" jam "13:55:38" ke rekening  BRI SYARIAH A/N: HASAN, No.Rek: 1001876046 sebesar Rp. xxx, dan sudah saya tanyakan pada hari kamis tanggal 30/01/2014 katanya "barang sudah dikirim masih di JNE pusat bandung, nanti saya sms no.resinya saya masih di jalan", dan pada hari ini Sabtu tanggal 01/02/2014 saya sms lagi "kang sani minta no.resinya dong supaya saya bisa lihat udah sampai mana barangnya", karena tanggal 30/01/2014 saya belum di beri No.Resi. Hari ini sabtu 01/02/2014 semua kiriman saya dari jakarta dan bandung yang dikirim hari kamis tanggal 30/01/2014 sudah sampai semua.

semoga Kang "Sani Hasan" (itulah nama di blog nya) no. Hp. 085324233612 bukanlah seorang penipu, walaupun pelayanan pengiriman barang sangat tidak memuaskan. Kalau memang yang bersangkutan berniat menipu ya sudah saya gak apa-apa kok, mudah-mudahan cepat disadarkan oleh Tuhan.

sekian.

"Barang sudah sampai hari ini, Senin 03/02/2014 jam 15.15, walaupun saya kurang puas dengan pelayanan pengiriman barang tapi saya akui  kit dan solderan rapi, packing pengiriman juga rapi, terimakasih ke kang hasan.. ini artikel dia."



logo FBS Success
Modifikasi Pengaman Speaker atau speaker protector, order kit pengaman speaker sani hasan atau hasan, Trading, Forex, Gold, Komoditi, Saham, Obligasi, Metals, CFD, Mata Uang Kripto, BitCoin, Analisa Forex, Analisa Fundamental, Free Signal, Signal Forex, Belajar Trading, Trading Kontes. Salam Sukses Selalu buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biasakan berkomentar yang baik dan sopan

gotop